Menjadi Pemain Bisnis di Internet Yang Sukses

Menjalankan bisnis secara online tidaklah semudah kata kata para ahli yang biasanya sangat getol dalam memotivasi orang lain untuk terjun ke dunia maya. Ada banyak anggapan yang keliru terkait dengan mitos yang terlanjur menjadi buah bibir di kalangan para pemula. Tulisan ini saya tujukan bukan untuk menggurui atau menasehati para pembaca, apa yang saya tulis ini sifatnya hanya untuk berbagi pengalaman yang didasarkan pada realita sebenarnya di dunia maya. Maka perlu saya tekankan bahwa tulisan ini tak ada maksud apapun untuk menjatuhkan atau merendahkan pendapat orang orang yang mungkin tak sejalan dengan yang saya sampaikan.

Harus saya akui bahwa hingga kini pun saya belumlah sukses dalam menjalankan usaha di internet. Meskipun demikian saya tak pernah menutup diri untuk terus belajar dan praktek, 99% murni uji coba dengan resiko kegagalan 99% juga. Sudah banyak uang yang saya keluarkan, waktu yang tercurah untuk menekuni bisnis di internet juga bukan dalam hitungan hari, tetapi 5 tahun sudah saya bergelut dengan dunia maya. Inilah kesalahan kesalahan saya selama menjalankan bisnis di internet sebelum akhirnya mampu meraih aliran uang dengan upaya terus menerus. Kesalahan yang saya alami disebabkan oleh beberapa anggapan yang keliru di bawah ini :

Pertama, saya menganggap menjalankan bisnis di internet itu sangat gampang. Mungkin tak hanya saya yang punya anggapan seperti ini, tetapi ada banyak pemula pemula yang akhirnya juga gagal di tengah jalan karena tak tahan dengan masalah yang datang. Bisnis di intenet itu bukan sebuah bisnis yang instant, bahkan sebagian orang beranggapan kalau menjalankan bisnis lewat internet hanya memboroskan modal saja. Anggapan ini memang tidak salah, sebab saya sendiri mengalami hal ini, ibaratnya uang yang telah lama saya tabung waktu itu habis hingga kekurangan modal untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut. Secara pribadi saya menyimpulkan bahwa bisnis di internet itu jangan pernah dianggap gampang, kalau anda baru terjun terus merasa akan sangat mudah maka saya berani menjamin anda akan gagal total nantinya.

Kedua, dulu saya menganggap mempunyai usaha di internet itu akan lebih cepat menghasilkan, tetapi faktanya tidaklah demikian. Saya baru bisa benar benar menghasilkan secara nyata setelah 3 tahun. Jika anda baru di dunia maya, jangan terlalu berambisi untuk langsung mendapatkan uang dalam jumlah besar. Coba luangkan waktu untuk belajar dulu sambil praktek secara langsung. Internet sebenarnya bukan media untuk mempercepat diri anda menjadi kaya mendadak, internet tak jauh beda dengan kehidupan nyata. Banyak orang terjebak pada prohram program cepat kaya yang ditawarkan, tetapi setelah mereka terlibat langsung sama sekali tak mampu mendapatkan uang dari internet.

Ketiga, kesalahan saya yang ketiga adalah tidak memiliki bisnis sendiri. Ya, ini adalah kesalahan yang belum bisa saya maafkan hingga saat ini. Ketika awal saya membangun kepercayaan lewat dunia maya, waktu itu saya ikut salah satu program bisnis multi level marketing. Saya merupakan salah satu anggota dari bisnis tersebut selama 2 tahun. Tetapi apa yang saya peroleh sangatlah tak sebanding dengan apa yang saya korbankan. Saya merasa justeru yang paling diuntungkan dari semua pengorbanan yang saya lakukan adalah pemilik bisnis tersebut, mereka lebih terkenal dan terus mendapatkan aliran uang, sementara anggota hanya bisa gigit jari, kalaupun dapat ya paling seper seribunya. Saya harap anda jangan sampai mengalami hal hal seperti ini, karena akan jadi penyesalan tiada henti.

Keempat, Tidak punya produk sendiri. Ini adalah kesalahan yang dilakukan oleh mayoritas pelaku bisnis pemula. Mereka begitu cepat tergiur dengan tawaran tawaran orang lain tanpa berpikur bahwa itu sebenarnya sangat merugikan. Memang t ak mudah untuk membuat produk, tetapi asal kita tahu ilmu dan strateginya maka kita pun pasti bisa. Dengan adanya produk yang kita ciptakan maka kita akan dengan leluasa dalam menentukan besarnya keuntungan yang kita inginkan.

Saya rasa itulah empat kesalahan yang pernah saya lakukan dimasa lalu, siapapun yang ingin terjun di bisnis online maka pasti akan menemui kegagalan kalau salah dalam menentukan strategi. Tidak cukup hanya dengan mengikuti seminar lalu praktek, apa yang anda peroleh lewat seminar mungkin hanya nol koma sekian dari kemampuan yang harus anda miliki. Terima kasih, yuk ajak semua sahabat anda untuk bersama sama berbagi artikel ini, membaca dan mengunjungi petauangdiinternet.blogspot.com atau follow saya di twitter @petadiinternet. Terima kasih